Logo Design by Info-kom77.blogspot.com
Logo Design by info-kom77.blogspot.com

Temukan Pencarian Anda Disini

Aplikasi Linux yang Harus Anda Install

info-kom77.blogspot.com

Level : Pemula, paling tidak sudah mengenal komputer dan ingin migrasi ke Linux

Pindah adalah pekerjaan yang cukup mere€potkan, pindah rumah, pindah kantor, atau bahkan pindah kos. Sama halnya kalau kita berpindah dari satu sistem operasi ke sistem operasi yang lain seperti Linux, harus ada persiapan untuk menyambut lingkungan baru agar tidak gagap dan malah tidak produktif.
Salah satu persiapan yang kita lakukan saat ingin berpindah dari Windows ke Linux adalah mempersiapkan aplikasi apa saja yang akan kita gunakan, dan memastikan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan kita atau bahkan hanya sekedar harus sesuai dengan selera kita. Berikut adalah daftar Aplikasi yang mungkin anda butuhkan untuk membantu pekerjaan anda di Linux dan menggantikan Software aplikasi anda yang berbasis Windows.
  • Office Suite : Office Suite adalah software aplikasi yang berisi paket aplikasi yang membantu pekerjaan kantoran seperti mengetik, membuat perhitungan tabel, dan membuat presentasi. 99,99% pengguna Windows pasti pernah menggunakan Microsoft Office, ini adalah salah satu contoh Office Suite. Pada Linux anda bisa menggunakan Open Office, aplikasi kantoran buatan Sun Microsystem yang cukup terkenal, selain itu anda bisa menggunakan Koffice atau Gnome Office, tapi untuk saat ini sepertinya Open Office masih merajai.
  • Pengolah (manipulasi) Foto : Kalau anda seorang disainer komputer dan baru tahu Linux, pasti anda akan bertanya "Apa ada Photoshop di Linux?". Tentu saja tidak ada, tapi anda bisa menemukan aplikasi yang seperti Photoshop bahkan ada yang bilang lebih bagus dari Photoshop yaitu GIMP. Sebagai software Manipulasi foto, GIMP mempunyai fasilitas yang cukup bahkan sangat lengkap, tidak kalah kalau dibandingkan dengan PhotoShop.
  • Pengolah Gambar Vektor : Sebenarnya dalama Open Office sudah disertakan Open Office Draw dalam paketannya, sebuah aplikasi pengolah gambar vektor di Linux. Tapi kalau anda sudah familiar dengan CorelDraw di Windows, ada aplikasi yang lebih mirip yaitu Inkscape. Kemampuannya memang kurang lebih sama dengan Open Office Draw, tapi tampilannya yang mirip dengan CorelDraw akan mempermudah anda membiasakan diri dengan Software ini.
  • Music Player : Ada dua software yang saya rekomendasikan untuk memutar musik pada Linux yaitu XMMS dan Amarok. Perbedaannya kalau anda sebelumnya lebih familiar dengan WinAmp, mungkin XMMS lebih cocok untuk anda, tapi kalau ingin fitur pemutar lagu yang lebih lengkap Amarok sepertinya lebih cocok untuk digunakan.
  • Video Player : Ada banyak sekali software pemutar video pada Linux, secara Default mungkin anda mendapatkan Mplayer, tapi secara pribadi saya lebih merekomendasikan VLC Player, karena fiturnya lebih bagus, Codexnya lebih lengkap, juga penggunaannya lebih mudah. Integrasi dengan DVD player (tambahan plugin) juga kelebihan tersendiri dari software ini.
  • AntiVirus : Lhoh katanya Linux tidak bisa diserang Virus? Memang saat ini saya sendiri belum pernah menemukan virus yang menginfeksi sistem Linux, tapi untuk mencegah serangan dari luar dan juga untuk mengantisipasi kalau anda ingin membersihkan virus pada media Removable seperti FlashDisk, anda bisa menggunakan ClamAv, anti virus Linux yang lumayan terkenal, penggunaanya simple, dan database virusnya juga cukup lengkap.
  • CD/DVD Burner : Urusan membakar data ke media CD/DVD atau mengcopy CD/DVD, di windows mungkin anda sering menggunakan Nero. Jangan Khawatir di linux pun bisa anda temukan penggantinya, yaitu menggunakan K3B atau Brasero Secara pribadi saya lebih suka menggunakan Brasero karena penggunaanya yang simpel.
Kalau List yang saya berikan di atas masih kurang, bersiaplah untuk gunakan cara terakhir yaitu bertanya pada paman Google, ketikkan keyword yang cocok seperti "software_anda for Linux". Kalau sudah ketemu langsung didonlod dan instal di Linux kesayangan anda.

0 Comments:

Post a Comment



Design by info-kom77.blogspot.com
Design by info-kom77™

 

Blogger Template | Created by Adam Every