Logo Design by Info-kom77.blogspot.com
Logo Design by info-kom77.blogspot.com

Temukan Pencarian Anda Disini

Penggunaan APN Pada BlackBerry®


info-kom77.blogspot.com

Beberapa metode yang digunakan untuk koneksi jaringan pada Blackberry adalah sebagai berikut:

a. BES/MDS Connection Service (Blackberry Mobile Data System Connection Service)
APN yang digunakan pada BES/MDS yaitu apn blackberry.net. Dengan menggunakan Blackberry MDS Connection Service, seluruh traffic yang terkoneksi ke Internet akan melalui BES Server. Dengan metode koneksi ini, kita dapat mengakses jaringan lokal perusahaan dan jaringan Internet. Penggunaan BES/MDS menggunakan infrastruktur Blackberry, sehingga pelanggan unlimited tidak dikenakan biaya untuk koneksi melalui tipe koneksi ini.

b. BIS-B (BlackBerry Internet Service – Browsing)

APN yang digunakan pada BIS-B yaitu APN blackberry.net. BIS-B menggunakan IPPP (Internet Protocol Proxy Protocol) sebagai protokol untuk koneksi ke Internet. IPPP merupakan Protocol Wireless dari RIM yang bisa digunakan untuk menyalurkan data dari device Blackberry ke server RIM, dimana server RIM ini berfungsi sebagai proxy (perantara) traffic dari device Blackberry ke Internet. Dengan menggunakan BIS-B, koneksi akan menggunakan salah satu dari MDS-CS (MDS Connection Services) yang dioperasikan oleh RIM. Aplikasi yang dapat menggunakan metode koneksi BIS-B hanya aplikasi yang telah diapprove oleh RIM melalui Independent Software Vendor (ISV) Alliance. Penggunaan BIS-B menggunakan infrastruktur Blackberry, sehingga pelanggan unlimited tidak dikenakan biaya untuk koneksi melalui tipe koneksi ini.
c. Direct TCP (Transmision Control Protocol)

APN yang digunakan untuk koneksi direct TCP yaitu APN internet/telkomsel. Direct TCP memungkinkan device untuk melakukan koneksi TCP secara langsung menggunakan jaringan operator. Untuk dapat menggunakan metode koneksi Direct TCP kita dapat mengatur konfigurasi APN di device Blackberry (Option → Advanced Option → TCP/IP). Penggunaan Direct TCP tidak menggunakan APN blackberry,net, sehingga pelanggan unlimited dikenakan biaya untuk koneksi melalui tipe koneksi ini.

d. Wireless Access Protocol (WAP) 1.0, WAP 2.0
APN yang digunakan untuk koneksi direct TCP yaitu APN internet/telkomsel. Wireless Application Protocol (WAP) adalah suatu metode koneksi ke internet yang memungkinkan user mengakses situs-situs berformat khusus. APN yang digunakan untuk WAP tergantung pada operator yang menyediakan akses ke situs WAP. Penggunaan WAP tidak menggunakan APN blackberry.net sehingga pelanggan unlimited akan dikenakan biaya untuk koneksi melalui tipe koneksi ini.

e. Wi-Fi
Koneksi ini tidak menggunakan APN, melainkan menggunakan fasilitas Wi-Fi yang ada pada Blackberry. Penggunaan Wi-Fi menggunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia dan biaya penggunaannya bergantung pada provider Wi-Fi.

f. Blackberry sebagai tethered modem

APN yang digunakan untuk koneksi ini yaitu APN internet/telkomsel. Blackberry dapat disambungkan ke PC dan dapat dikonfigurasi sebagai modem. Dengan metode ini kita dapat terkoneksi ke internet langsung dari komputer. Metode koneksi ini akan dikenakan biaya sesuai APN yang digunakan untuk koneksi internet tersebut.

Dan dari hasil pengujian yang telah dilakukan pada beberapa aplikasi di Blackberry diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa jika kita tidak melakukan konfigurasi TCP pada device Blackberry, aplikasi biasanya akan mengakses internet menggunakan APN blackberry.net yang artinya kita sebagai pelanggan Blackberry unlimited tidak akan dikenakan biaya tambahan dalam mengakses internet. Jika kita melakukan konfigurasi TCP pada device Blackberry, beberapa aplikasi akan mengakses APN sesuai konfigurasi APN yang kita masukkan.
Walaupun kita tidak melakukan konfigurasi TCP/IP, pada dokumentasi blackberry DB-00532 (http://bit.ly/SpecifyAPNbb), ditegaskan bahwa aplikasi dapat mengubah konfigurasi APN secara langsung dan meng-override konfigurasi APN yang ada. Hal ini menyebabkan aplikasi dapat menggunakan APN apapun tergantung konfigurasi yang telah diatur oleh provider aplikasi.
Dan Kesimpulannya adalah:
a. Penggunaan APN internet/telkomsel pada Blackberry dimungkinkan jika kita memakai aplikasi yang menggunakan koneksi APN internet, antara lain:
* Aplikasi video streaming, contoh youtube
* Aplikasi tambahan selain aplikasi standard blackberry, yaitu aplikasi² dari pihak ketiga.
* Aplikasi standar blackberry dengan konfigurasi APN internet
* Penggunaan Blackberry sebagai tethered modem

b. Hal tersebut diatas dimungkinkan karena:
* Aplikasi dapat dikonfigurasi sedemikan rupa sehingga APN yang digunakan merupakan APN internet/telkomsel.
* Aplikasi dapat secara otomatis melakukan konfigurasi otomatis APN yang akan digunakan dan meng-override konfigurasi sebelumnya yang telah kita masukkan.
* Aplikasi tidak didesain oleh pengembang dengan baik sehingga menyebabkan penggunaan APN internet/telkomsel.

Karena itu disarankan:
a. Untuk meminimalkan biaya tambahan akibat akses GPRS yang timbul pada tagihan kita yang berlangganan paket unlimited, sebaiknya kita  tidak meng-enable APN settings dan mengosongkan konfigurasi APN setting.

b. Kita harus memastikan bahwa aplikasi yang digunakannya hanya menggunakan metode koneksi BES/MDS atau BIS-B. Informasi penggunaan APN oleh aplikasi dapat dilihat di dokumentasi aplikasi yang bersangkutan. Kebanyakan aplikasi juga bisa menggunakan gabungan antara metode koneksi ini, sehingga kita juga harus memastikan aplikasi yang digunakannya terkoneksi ke internet dengan menggunakan metode koneksi BES/MDS atau BIS-B.
c. Penggunaan APN selain APN blackberry.net tetap saja mungkin terjadi walaupun variabel TCP/IP pada option Blackberry telah dikosongkan. Untuk itu kita bisa melakukan pengujian sendiri terhadap aplikasi yang digunakannya dengan cara melihat event log blackberry pada saat aplikasi digunakan.
Semoga bermanfaat.

0 Comments:

Post a Comment



Design by info-kom77.blogspot.com
Design by info-kom77™

 

Blogger Template | Created by Adam Every