Logo Design by Info-kom77.blogspot.com
Logo Design by info-kom77.blogspot.com

Temukan Pencarian Anda Disini

MS DOS & Windows Command Line Error


 Ada beberapa pesan yang selalu muncul dikala kita menggunakan DOS ataupun Windows Command Line. Pesan ini dapat disebabkan oleh kesalahan kita mengetikkan perintah, ataupun objek yang kita tuju tidak benar ataupun karena kesalahan lainnya.
Bagi seorang teknisi komputer tentu saja memahami pesan-pesan kesalahan ini. Jika masih ada teknisi yang tidak mengerti, bisa disebut teknisi gadungan tuh….. :) Walaupun MS-DOS ini sudah lawas, ada baiknya kita tetap mengetahui dan mengenal sistem operasi ini.

ms-dos_logo
Berikut ini ulasan singkat pesan-pesan error yang pada MS-DOS dan Windows Command Line :
A duplicate file name exists, or the file cannot be found
Pesan ini muncul ketika kita melakukan perintah rename terhadap sebuah file, nama file yang dimaksud tidak ada, file yang ingin dirubah sudah ada sebelumnya. Pastikan bahwa tidak ada nama yang sama pada satu direktori, atau pastikan kita tidak salah dalam mengetikkan nama.
Access denied
Sering disebabkan ketika file atau directory diberi atribut sebagai read-only, jika file tersebut dimodifikasi oleh orang lain atau program lain pada komputer pada waktu yang sama atau file dan direktori akan dihapus ataupun dimodifikasi dari sharing file yang hanya diberikan akses sebagai read-only.
Bad command or file name
Biasanya disebabkan karena kesalahan mengetik perintah ataupun perintah yang diberikan tidak ada. Kesalahan ini juga dapat disebabkan karena perintah yang diberikan tidak sesuai dengan versi MS-DOS atau Windows.
Bad or missing command interpreter
Komputer tidak dapat menemukan file command.com, file ini sangat penting bagi sistem operasi DOS, karena digunakan untuk boot ke sistem operasi. Jika file ini tidak ditemukan, maka MS-DOS juga tidak dapat dijalankan.
Disk Not Ready Error Reading Drive A
Disket pada drive A tidak dapat dibaca, dikarenakan adanya kerusakan sector pada disket. Silahkan format ulang kembali disket.
Disk Not Ready Error Writing Drive A
Disket pada drive A tidak dapat ditulis, dikarenakan adanya kerusakan sector pada disket. Silahkan format ulang kembali disket.
Drive not ready error
Pesan ini muncul ketika Disk atau disc pada drive tidak dapat dibaca.
Duplicate file name or file not found
Terjadi jika ketika kita akan merubah nama file, file tujuan tidak adak atau nama file sudah ada sebelumnya. Silahkan ketikkan nama file dengan benar ataupun pastikan bahwa didalam 1 direktori tidak ada nama file yang sama.
File cannot be copied onto itself
Pesan ini muncul jika file tidak dapat di copy kepada dirinya sendiri, maksudnya dari drive A ke drive A atau sejenisnya. Periksa kembali drive yang aktif serta tujuan pengkopian.
File not found
Pesan ini akan tampil jika kita memberikan perintah tetapi terjadi kesalahan dalam penulisan. Atau memang file yang dimaksud tidak tersedia. Pesan ini juga akan muncul ketika kita melakukan perintah DIR tetapi file dalam direktory nya kosong.
File Allocation Table Bad
Jika file system pada hard disk telah mengalami kerusakan, maka pesan error ini akan tampil. Solusinya adalah format ulang disk kembali.
Insufficient disk space
Maksudnya adalah disk yang kita gunakan untuk menyimpan data sudah penuh atau file yang kita copy ke drive tersebut memiliki kapasitas lebih besar dari medianya.
Invalid directory
Jika kita melakukan kesalahan dalam mengaktifkan sebuah direktori ataupun sub direktori, pesan ini akan ditampilkan pada layar. Kesalahan biasanya disebabkan karena kesalahan mengetik nama ataupun direktorinya tidak ada.
Invalid drive specification
Pesan yang menampilkan kesalahan ketika kita salah dalam melakukan pengetikan nama direktori.
Invalid parameter
Penulisan opsi yang salah untuk beberapa perintah. Contoh : format /z. Perintah format tidak memiliki opsi untuk /z. Untuk melihat opsi yang benar silahkan ketik format /?
Invalid Switch
Disebabkan karena kesalahan penulisan ataupun peletakan dalam perintah, contoh : cd/ dan cd\.
Invalid Date
Tanggal yang kita masukkan salah dalam penulisannya. Periksa dan ketik ulang kembali
Invalid Time
Jam yang kita masukkan salah dalam penulisannya. Periksa dan ketik ulang kembali
Non-System disk or disk error
Maksudnya disk yang dipilih pada boot option tidak memiliki sistem/disket sistem telah mengalami kerusakan. Silahkan coba dengan disket lain yang bagus dan telah memiliki sistem
Not ready reading drive X (A, B, C, D, ……)
Drive yang dituju tidak ada atau media didalam disk kosong. Sehingga komputer tidak dapat menemukan media didalam Drive.
Too Many Parameters
DOS akan menampilkan pesan kesalahan ini jika kita terlalu banyak dan tidak sesuai dengan aturan dalam menuliskan parameter (spasi, titik dua, bintang, dll).
Volume in Drive has No Label
pesan ini muncul pada bagian atas daftar file. Atau juga ditemukan ketika kita mengetikan perintah VOL, bila disket atau hard disk belum diberi label.
Write protect Error Writing Drive A, Abort, Retry, Failure
Pesan ini muncul ketika kita akan menyimpan atau mengkopi file kedalam disket yang sedang diprotek. Silahkan dibuka proteksinya jika ingin melanjutkan. Ketik A / R / F. Abort untuk membatalkan, Retry untuk mencoba kembali dan Failure untuk mengabaikan pesan diatas.

0 Comments:

Post a Comment



Design by info-kom77.blogspot.com
Design by info-kom77™

 

Blogger Template | Created by Adam Every