Logo Design by Info-kom77.blogspot.com
Logo Design by info-kom77.blogspot.com

Temukan Pencarian Anda Disini

Modifikasi CPU Komputer, DC 12Volt


Modifikasi Power Supply komputer untuk pengganti adaptor dengan amper besar, Biasanya Adaptor yang mempunyai amper hingga 15amper harganya lumayan mahal, dan pada kesempatan kali ini artikel membahas bagaimana memanfaatkan Power Suplay komputer untuk pengganti adaptor dengan daya yang besar, dan bagai mana memodifikasinya sehingga dapat dipergunakan dengan biaya yang relatif murah, dan pada saat uji coba modifikasi ini hasil modifikasi PSU komputer di uji dengan beban radio ICOM 2100 dengan daya Pancar 50Watt, diuji selama 24Jam dan ternyata Output dan ketahannannya lumayan cukup memuaskan. Awal ide memodifikasi ini muncul pada saat saya melihat ada power supplay komputer yang tidak dipergunakan dengan merek camerun dengan keterangan sebagai berikut :

Output DC
1. +5 Volt = 28.0A
2. +3.3Volt = 22.0A
3. +12 Volt = 16.0A
4. -5 Volt = 0.3A
5. -12 Volt = 0.6A
nah dari daftar tegangan dan kuat arus yang diatas kita ambil yang 12voltnya saja untuk yang lain di abaikan saja.
Berikut Tip-triknya
1. Pada pin 1 IC TL-494 terdapat 6 buah resistor yang terhubung lansung, yaitu 3 buah resistor paralel ke ground dengan nilai 120K, 56K dan 18k, jangan lakukan perubahan apapun pada ketiga resistor ini. Selain itu ada 3 resistor lagi yang tersisa yaitu 15K terhubung ke output +3.3V, 4k7 ke +5V dan 27K ke +12V. Cabut ketiga resistor tersebut.
2. Ganti resistor 27K yang telah dicabut diatas dengan sebuah resistor sebesar 10K dan Trimpot sebesar 20K, tegangan output 13.8V diperoleh pada nilai sekitar 26.6K. Anda dapat melakukan adjusting tegangan keluaran melalui trimpot tersebut. (jika ingin output tegangan dapat diatur atau lebih besar dari 12Volt)
3. Cabut kondensator elektrolit sebesar 1500uF/16V pada keluaran +12V, lalu ganti dengan kapasitor baru dengan kapasitansi yang lebih tinggi, misal 35V, 50V, dst. Komponen ini berfungsi sebagai perata arus, jadi makin besar kapasitansinya makin bagus. Gunakan 2 buah secara paralel masing-masing sebesar 10000uF/50V.
4. Karena switching PSU membutuhkan adanya arus keluaran yang konstan dioutputnya, maka tambahkan sebuah resistor dengan nilai 100 Ohm/2W paralel dengan kapasitor diatas ini berfungsi sebagai resistor load. Hal ini akan memastikan adanya arus konstant sebesar 138mA. Jadi keberadaan resistor load ini sangat penting, dalam sebuah switching PSU.
5. Karena hanya output 13.8V saja yang diiginkan, cabut seluruh kabel keluaran PSU standar, ganti dengan kabel yang sesuai yaitu pada keluaran +12V dan Ground yang nantinya akan dihubungkan ke radio.
6. Untuk menghidupkan PSU ini, menggunakan Remote power ON, yaitu dengan menghubungkan port PWR (Kabel warna Hijau) ke Ground (Kabel warna Hitam) . Jadi anda perlu menambahkan kabel dan saklar untuk mengaktifkannya
7. langkah berikutnya merupakan rangkaian tambahan apabila pada saat dihubungkan dengan radio terdengar adanya dengungan tambahkan rangkaian PHI -Filter pada bagian Output 13,8Volt dengan 2 buah kondensator keramik sebesar 470pf, dan tambahkan induktor sebesar 100uH ini akan berfungsi mengurangi noise akibat oscilator (PWM) dari PSU Switching, tambahkan AVO Digital untuk mengetahui besaran keluaran dari PSU

0 Comments:

Post a Comment



Design by info-kom77.blogspot.com
Design by info-kom77™

 

Blogger Template | Created by Adam Every