Logo Design by Info-kom77.blogspot.com
Logo Design by info-kom77.blogspot.com

Temukan Pencarian Anda Disini

PROCESSOR



Processor merupakan komponen komputer yang paling utama karena sangat menentukan baik buruknya kinerja computer. Bentuk fisik processor adalah soket dan slot yang sering dijumpai pada mesin computer.

Processor sering disebut dengan nama Central Processing Unit (CPU). Processor memiliki bagian-bagian utama sebagai berikut :
  1. Arithmetic Logical Unit (ALU), yaitu pusat perhitungan matematis untuk menjalankan semua perintah yang harus dikerjakan oleh komputer.
  2. Control Unit (CU), yaitu bagian pengatur semua lalu lintas data maupun perhitungan yang dilakukan oleh processor, sehingga segala perhitungan maupun eksekusi dapat dilakukan secara berurutan antara satu perintah dengan perintah yang lain.
  3. Memory Unit (MU), yaitu penyimpan sementara perintah-perintah yang sering digunakan oleh processor. Umumnya disebut sebagai cache memory. Semakin besar cache memory, maka semakin baik kecepatan eksekusi processornya. Semakin tinggi kecepatan processor, maka panas yang dihasilkan juga semakin tinggi.
Processor terdiri atas rangkaian komponen elektronika (seperti resistor, kapasitor, IC, dan sebagainya) dan heat sink fan sebagai pendingin. Penggunaan heat sink fan terutama ditujukan untuk menjaga kestabilan kinerja dan umur processor dapat terjaga dengan baik.

Untuk memasang heat sink fan pada processor dibutuhkan thermal pasta. Bahan ini berfungsi untuk menurunkan suhu processor ketika sedang bekerja, menutup rongga-rongga pada bidang sentuh antara processor dan heat sink sehingga panas dapat ditransfer dengan baik dari processor ke heat sink. Heat sink fan terdiri atas aluminium dan kipas. Kipas terdiri atas komponen elektronika seperti transistor, resistor, gulungan kawat, dan sebagainya.

Sebagian rangkaian dari beberapa komponen elektronika dan komponen pendukung lainnya yang disusun pada sebuah PCB, processor dapat menghasilkan sebuah kinerja yang mampu mengolah data, menjalankan semua perintah, melakukan perhitungan, memproses masukan, dan sebagainya. Komponen processor ini disusun dalam bentuk CHIP dan disebut sebagai anaknya komputer.

0 Comments:

Post a Comment



Design by info-kom77.blogspot.com
Design by info-kom77™

 

Blogger Template | Created by Adam Every